Softly & Slowly

A fast-mover who successfully do her things slowly!

Renungan Jiwa

30 Dec 1988

Renungan Jiwa. Huaaa….

Ini acara yang dilakuin di akhir acara pengasramaan Paskibra, sebelum pengukuhan. Semua capas dibawa ke TMP (biasanya sih) jam 12 malem, dan dikasih lilin sebatang sama buku renungan, disuruh duduk di samping kuburan, nyalain lilin dan merenunggggggg………Abis itu, boleh jalan tengah lapangan, untuk dikasih nasehat, sambil cium bendera.

Kebanyakan orang sih, kalo udah disuruh merenung tengah malem di kuburan, sambil ngedengerin bunyi terompet, dan baca buku renungan, nyampe di bendera pasti nangis-nangis. Entah karena terharu, ato karena kedinginan. Gw agak heran juga, bendera-bendera itu apa ga penuh ingus sehabis acara Renungan Jiwa ya?

Sebelum gw dikukuhkan jadi paskibra, gw juga merenung tengah malem di TMP Cikutra, gw baca di nisannya, ga ada namanya. Cuma ditulis, pahlawan tak dikenal. Aih! Gw celinguk kiri dan kanan ga ada orang. Empat kuburan di depan gw ada lilin nyala, yang artinya ada orang. Tapi di belakang gw….waahhh…gelap bangettt…..Begitu orang yang di depan gw matiin lilinnya. Gw juga ikutan, toh gw udah selesai baca buku renungannya. Malahan ampe dua kali bolak-balik.

Malem ini, gw bukan mo merenung, tapi menjaga orang yang mo merenung (bahasanyaaaa). Gw dapet tugas ngejaga regu 1. Masih baru bertugas udah dicarekan sama kang Gungun karena anak-anak-nya pada ribut waktu dibangunin. Abis itu, dua orang diantaranya pada tumbeng (deuu….belum diapa-apain aja udah takut gitu)…mereka yang pingsan, gw lagi yang kena marah.

Udah di TMP, gw masang tiap anak di kuburan yang beda-beda dan jauh-jauh supaya ga saling ngobrol. Masih kita baru nyiapin benderanya, loh, kok udah ada anak yang datang….itu emang udah selesai merenung apa takut setan? Gw pegang bendera, sementara pembisik –yang ngasih nasehat! Mereka kan bisik-bisik, kalo tereak-tereak mah ganggu—nya adalah kang Babay. Gw pikir ini saat yang sakral dan mengharukan bener. Ga taunya, kang Babay mah seseurian. Apalagi, kalo ada anak yang belon dibisikkin apa-apa udah nangis duluan, terisak-terisak seperti kena marah emak, untungnya ga ada yang menggerung-gerung. Euleuh!

No comments yet»

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: