Nyabut Singkong

28 May 01

 Di belakang rumah gw ada sepetak kebon. Berhubung gw ga pinter masalah bercocok tanam…kita cuma nanem singkong doang disana. O iya, ada yang gw mo certain mengenai kebon ini. Waktu kita baru dateng, kita suka hire tukang harian yang lewat-lewat untuk nyabutin rumput…tetapi, lama-kelamaan karena harga yang tukang-tukang itu gila-gilaan mahalnya…gw memutuskan untuk mengerjakan sendiri usaha mencabut rumput itu. Ternyata ga terlalu susah…dalam dua hari, gw udah bisa bersihin seluruh areal kebon di belakang…Lagian, bersihin rumput kan paling sekali tiga bulan…. Sekali waktu gw lagi nyangkul-nyangkul…gw denger ada yang nyindir-nyindir dari tetangga sebelah kanan: Kok perempuan nyangkul? Gw pura-pura budek aja! Sekarang, singkong yang gw tanem udah pada tinggi, dan waktunya untuk dicabut…Seneng dong gw…udah beberapa hari terakhir setiap hari gw nyabut satu pohon singkong, kadang gw rebus, goreng, diparut jadi ketimus de el el… Pas gw nyabut, kok agak susah ya…gw terpaksa ngambil cangkul dan ngebuka tanah di sekitar pohon singkong itu…ternyataaa…singkongnya gede bangettt…lebih gede dari pahanya si Kekel….pas gw mau angkut ke rumah, tau-tau ada yang nongol dan nanya, “Mbak, boleh ga kita minta singkongnya?” Gw heran, “Singkong yang mana?” Trus dia jawab, tanpa malu, “Itu, yang baru dicabut?” Orang yang nanya ini masih remaja umur esema gitu deh, kalo mo nyabut pohon singkong satu lagi aja mah ga bakalan pingsan…masa tega-teganya dia mau minta singkong yang udah gw cabut dengan susah payah…(catetan: gw ini ibu-ibu loh) Gw bilang aja gini, “Cabut aja sendiri. Satu pohon aja ya…!” Terus gw masuk rumah, manggil Among untuk bantuin angkat singkong. Waktu gw liat lagi, dia bukannya nyabut sendiri, malah motong dari singkong yang tadi gw cabut…grrrrr….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s