Softly & Slowly

A fast-mover who successfully do her things slowly!

Blogging All This Time

Setahun sekali setelah tanggal 31 Desember, WordPress mengirimkan email yang berisi statistik traffic dari blog. Membaca review in a year itu saya sering merasa lucu sendiri. Saya membuat blog ini di tahun 2008 dengan tujuan menyenangkan diri sendiri. Menuliskan pengalaman-pengalaman yang saya rasa penting dan mempublishnya dalam bahasa Inggris. Mengapa harus bahasa Inggris? 1. Saya memang sedikit terobsesi untuk meningkatkan kemampuan berbahasa saya ke tingkat yang lebih tinggi, 2. Saya menganggap tulisan dalam bahasa Inggris akan lebih sedikit dibaca oleh masyarakat Indonesia.

Untuk yang nomer 2, saya yakin pendapat saya benar. Artikel dengan traffic tertinggi di blog ini adalah artikel berbahasa Indonesia yang menyindir orang batak. Saya orang batak, asli. Keaslian yang tidak membutakan saya akan kekurangan-kekurangan dan kelemahan-kelemahan kesukuan. Sejak mulai di publish tahun 2008, sampai saat ini masih menuai komentar. Awalnya cukup menarik mengetahui apa tanggapan para pembaca dengan pendapat saya. Lama-lama muak juga setelah mendapatkan tanggapan dari orang-orang yang benar-benar picik dan suka menghakimi. Tanpa berusaha menyelidik lebih jauh, mengatai-ngatai penulis blog ataupun orang yang komentarnya di approve. Bahkan ada yang minta blog nya ditutup. Lhhhah, ini kan era kebebasan berpendapat. Biarkanlah orang memelihara blog nya masing-masing, mengisinya dengan pendapatnya masing-masing. Kalau semua blog yang tidak sesuai dengan pendapat pribadi minta ditutup, maka cocoklah tinggal di Korea Utara, dimana diktator berkuasa.

Posting-posting berbahasa Inggris trafficnya rendah. Saya merasa aman. Hahaha.

Ternyata ada juga website lain yang mereferensikan blog ini. Entah bagian mana-nya yang menarik direferensikan. Site  traffic juga tidak memerinci. Dan ternyata blog ini punya follower. Wooh. Mudah-mudahan follower yang english speaker tidak bingung kalau mendadak ada postingan bahasa Indonesia.

Selama tujuh tahun ini, blog ini sudah mencatat perjalanan hidup dan pendapat-pendapat pribadi saya…

No comments yet»

Leave a Reply

